Senin, 24 Februari 2014

Persebaya Akan Tarungi Timnas U-19



 Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya U-21 Yusuf Ekodono berharap anak-anak asuhnya tidak dijadikan lumbung gol saat melakoni uji coba melawan tim nasional U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Malam ini, 24 Februari 2014.

Yusuf justru mematok target menang atas Evan Dimas dan kawan-kawan, meskipun persiapan timnya cukup minim. "Kami baru menyeleksi pemain, latihannya pun masih dua minggu ini. Tapi kami tidak minder melawan timnas U-19," kata Yusuf saat dihubungi, Minggu, 23 Februari 2014.

Sebagian besar materi pemain Persebaya U-21 diambil Yusuf dari klub-klub internal. Mereka dipadukan dengan enam pemain senior Persebaya, yakni Vava Mario Yagalo, Zaenal Haq, Abdul Rahman Lestaluhu, Ahmad Hisyam, Novri Setyawan dan Wahyu Suboseto. "Saya berharap uji coba melawan timnas U-19 menambah mental bertanding anak-anak," kata Yusuf yang juga pernah menjadi bintang lapangan Persebaya era 90-an.

Walaupun hanya sebatas uji coba, namun bagi Yusuf pertandingan tersebut tetap punya arti penting. Dia berharap anak-anak didiknya dapat mengambil pelajaran serta pengalaman dari timnas U-19. Pengalaman itu akan menjadi modal penting sebelum Persebaya mengikuti kompetisi U-21 pada Mei 2014 mendatang. "Pertandingan ini sekaligus untuk mengukur kemampuan anak-anak," kata dia.

Yusuf mengakui persiapan timnya dalam uji coba ini kurang mulus karena terkendala masalah lapangan. Selama dua minggu Persebaya U-21 menyewa lapangan Dukuh Menanggal sebagai tempat latihan. Namun karena yang menyewa lapangan tersebut banyak, Yusuf sulit menggunakannya secara maksimal. "Selama dua minggu ini kami tidak bisa tiap hari memakai lapangan itu, soalnya sering keduluan oleh penyewa lain," kata dia.

Timnas U-19 sendiri belum terkalahkan selama tur nusantara. Namun pada Jumat kemarin anak-anak besutan pelatih Indra Sjafri itu mendapat perlawanan gigih dari tim Pra-PON Jatim di Stadion Gelora Bangkalan. Tim Pra-PON Jatim mampu memaksa timnas U-19 bermain imbang 1 - 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar